Posted by : Muhamad nur Jumat, 09 Maret 2012

Pengertian Ridho ridha berasal dari bahasa arab ( ridoowaridwaan-yardo-rodiya) yang telah terserap ke dalam bahasa indonesia dan dalam kamus besar bahasa indonesia, kata tersebut diartikan: rela, suka, senang hati. sesungguhnya setiap muslim harus meyakini bahwa Allah yidak memberi jalan kepadanya bagi orang benci atau menggerutu.

karakteristik sikap ridho

menurut pendapat para ahli hikmah, ridha diklasifikasikan kepada selainnya. ini adalah ridha terhadap Allah sebagai illah dan ini termasuk kesempurnaan ridha kepada Allahsebagai Rabb (Tuhan pencipta dan penguasa alam semesta)



Kata adail dalam bahasa arab berasal dari kata : (a'dlan-ya'dilu-a'dala) a'daalatan yang mempunyai arti antara lain menyamakan, meluruskan atau penyeimbang dan orang yang berlaku adil disebut a'dil

Setiap muslim wajib menegakan sikap adil dalam semua perkara, karena dengan sikap adil akan menciptakan keharmonisan dan kemaslahatan kehidupan, disamping itu setiap muslim haurs memiliki sikap ridho karena sikap ini akan mejadikan seorang muslim tetap tegar dalam menghadapi semua situasi dan keadaan.

 karakter sikap adil islam mengajarkan bahwa semua orang disamping diwajibkan berlaku adil juga berhak mendapat perlakuan yang adil dan sederajat dalam hukum, tidak ada diskriminasi hukum karena perbedaan kulit, status sosial, ekonomi, politik dan lain sebagainya.

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © 2013 parawali - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -