Posted by : Muhamad nur Jumat, 09 Maret 2012

Pengertian Tasawuf dari segi bahasa (etimologi), terdapat sejumlah kata atau istilah yang dihubungkan oleh para ahli untuk menjelaskan kata tasawuf. Harun Nasution, misalnya menyebutkan lima istilah yang berkenaan dengan tasawuf antara lain:

    shafa (suci). disebut shafa suci karena kesucian batin kaum sufi dan kebersihan dalam bertindak dan ikhlas.
    shaf (barisan). karena kaum sufi mempunyai iman kuat, jiwa bersih, ikhlas dan senantiasa memilih barisan yang paling depan dalam shalat berjama'ah
    theosophi (yunani:  theo=Tuhan shopos=hikmah): yang artinya hikmah/kearifan ketuhanaan.
    shuffah (serambi tempat duduk) yakni serambi masjid nabawi yang disediakan untuk orang-orang yang belum mempunyai tempat tinggal dari kalangan muhajirin dimasa rasulullah saw
    shuf (bulu domba) hal ini disebabkan kaum sufi yang biasa menggunakan pakaian dari bulu domba yang kasar, sebagai lambang kerendahan hati mereka dan menghindari dari sikap sombong disamping itu untuk menenangkan jiwa serta meninggalakan sesuatu yang bersifat duniawi.

Demikianlah pendapat para ahli dalam mengkaji pengertian tasawuf, sehingga para sufi yaitu mereka yang menjalankan tasawuf tidak sepakat dalam mengartikannya, para sufi mengatakan pengertian mereka sesuai dengan pengalaman mereka lakukan masing-masing. Al-junaidi Al-baghdadi (w.297 H/910M) bapak tasawuf moderat, ia mendifinisikan tasawuf sebagai keberadaan bersama Allah swt tanpa adanya penghubung. baginya tasawuf berarti membersihkan  hati dari sifat  yang menyamai binatang, menekan sifat basyariah, menjahui hawa nafsu, memberikan tempat bagi sifat kerohanian, berpegang pada ilmu  kebenaran, memberi nasihat kepada umat, benar-benar menepati janji kepada Allah swt dan mengikuti syari'at Rasulullah saw.


seorang tooh sufi Abu yazid Al-bustami  pencetus teori fana baqa dan ittihad dalam tasawuf mengemukakan bahwa tasawuf meliputi tiga aspek yaitu kha, ha, dan jim. kha maksudnya takhalli berarti mengosongkan diri dari perangai yang tercela, ha maksudnya tahalli berarti menghiasi diri dengan ahlak terpuji, dan jim maksudnya tajalli berarti mengalami kenyataan ketuhanan.

maqomat dalam tasawuf

{ 2 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © 2013 parawali - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -